D'art CCTV

Sabtu, 18 Agustus 2012

Photo Studio Mini Buatan Sendiri Dengan Modal Minim

Mahal???....... Siapa Takut ??? Belajar Jalan Terusssss....



Jangan jadikan keterbatasan dana sebagai penghalang untuk belajar. Apalagi kalau tahapan yang mau dipelajarin tidak atau belum nuntut hal yang tingi-tinggi amat.

Dengan kata lain selama masih bisa diakalin, belajar jalan terus.

Berikut ini adalah cerita Saya waktu mau belajar photo produk dimana hal yang Saya mau pelajari adalah bagaimana menempatkan arah cahaya datang agar bisa merata atau menimbulkan efect, dan bagaimana mengatasi pantulan dan bayang-bayang.

Ceritanya waktu itu Saya ingin sekali punya alat setudio mini .... hehehehe. Tetapi setelah cari cari tau harganya waktu itu hampir satu juta'an. Waduhhh.... semangat besar tapi ukuran kantong kecil. Mau pinjem takut nanti rusak dan harus ganti.

Pikir punya pikir Saya nanya ama diri sendiri, Apa itu harus??? Sementara tingkatan Saya dasar aja belon nyampe masa harus keluar duit segitu gede? Sementara kamera aja masih poket.

Dan akhirnya inspirasi dateng waktu nemenin anak belajar matematika... Dia pake lampu belajar yang depannya ditutupin dengan kertas. Alasannya..."Biar gak silau, Pahh". Nah disini Saya liat cahayanya cukup terang tetapi jadi soft yang akhirnya dari sini idenya muncul.

Nah gambar yang diatas itu yang katanya "Studio Mini Buatan Sendiri"

Dan berikut ini adalah contoh hasil-hasilnya:














































Kemudian adalah bahan-bahan yang diperlukan atau digunakan untuk membuat mini studio ini. Mudah didapat dan murah harganya. Gak percaya???.... yuk kita itung bareng.
  1. Satu buah kardus bekas Aqua Gelas (Rp.1000,-)
  2. Satu lembar kertas Buffalo ukuran besar (Rp.2000). Warna apa aja sesuai selera
  3. Dua buah lampu belajar (@12.500,- = 25.000,-)
  4. Lampu Neon 5watt merek Carrefour aja yang murahan (@ kurleb 5000 = Rp10.000,-)
  5. Satu lembar Karton Manila (Rp.1000,-)
  6. Satu Lembar Kertas HVS Putih Polos ukuran A4, 70gr (Rp.100,-)
  7. Satu Buah Lem Kertas (Rp.1.000,-)
Hebat kan?? Total jenderal hanya cuma Rp.30.100,- doang (Tiga Puluh Ribu Seratus Rupiah). Dan kita sudah bisa belajar cara ngatur cahaya sederhana walaupun hasilnya jepretnya nggak maksimal.
Nah kemudian kemudian untuk membuatnya juga gampang banget, cuma perlu buat 2 bagian.
  1. Mini Studio: Potong Kardus Aqua seperti pada gambar dibawah lalu tempelin kertas Buffalo pada kardus sehingga tampak seperti Background photo.
  2. Softbox softbox kan.... hehehe. Potong kertas karton dengan bentuk persegi panjang untuk membuat tabung atau pipa yang panjang dan diameternya cukup untuk membentuk tabung yang bisa masuk kepala lampu belajar. Kemudian potong kertas HVS jadi 2 bagian lalu gunakan untuk menutup salah satu ujung tabung kertas karton tadi.
Jadi deh........
Selamat mencoba..... Komentar sangat diharapkan. Dan kalo punya ilmu yang laen harap bisa berbagi dengan temen kita yang sama-sama mau belajar..... hehehehe.
Wassallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar