D'art CCTV

Sabtu, 18 Agustus 2012

CARA MEMBUAT RING LIGHT MACRO !!

Alat yg dibutuhkan :

1. Rumah lampu tanam (Rp 60.000)
2. Pipa PVC ukuran 2.5-3 DIM (Rp 5000)
3. Aluminium foil
4. Obeng
5. Tang
6. Palu
7. Lem Castol (Rp 3000)
8. LakBan (Selotip lebar warna coklat)
9. Kertas amplas halus (Rp 2000)
10. Cutter
11. Flash external (Merk apapun)
12. HotShoe flash + kabel sync
13. Baut + Ring Baut (ukuran sama dgn ulir Tripod) (Rp 1000)

Keuntungan :

1. Cahaya lebih Soft
2. Cahaya lebih merata
3. Shadow/Bayangan yg ditimbulkan dpt di minimalkan
4. Bisa digunakan utk Foto MACRO ataupun PORTRAIT
5. Biaya lebih murah

Waktu Pengerjaan : ± 3 jam

Tahap-tahap Pembuatan :

Rumah Lampu tanam yg kita beli sebisanya sdh ada lubang persegi panjang di bag sampingnya dmn lubang ini biasanya utk tempat masuknya lampu dan bag belakang rumah lampu / pantatnya tertutup. Dan bag depan rumah lampu sedapatnya cari yg sdh ada kaca buramnya dgn lobang ditengah (lubang ini biasanya besarnya sesuai dgn pipa PVC 2.5-3 DIM).

Pertama-tama rumah lampu tanam yg biasanya ada di hotel2 (kubeli seharga 60ribu) kita lepas/copot bag rangka2nya, kaca buram berlubang dan bag tempat lampu yg berada dilubang persegi panjang disamping rumah lampu. Lalu kita lobangi belakang rumah lampu dengan obeng yg kita ketok dgn palu sedikit demi sedikit smp membentuk lingkaran yg sdh kita ukur/sesuaikan besar PIPA PVC. Kl bisa jgn buat lubang yg pas/malah terlalu besar dgn ukuran pipa PVC. Jd kl bisa ½ cm lbh kecil diameternya dari pada besar pipa PVC agar sisa dr bag rumah lampu tempat lubang pipa PVC dapat kita gunakan utk memfixasi pipa PCV. Masukkan Pipa PVC ke lubang yg kita buat td dgn sedikit memaksa & memutar pipa PVC tersebut, kalo perlu kita pukul pelan2 dgn palu shg ada bag dr rumah lampu yg menonjol keluar utk memfixasi pipa tsb. Knp tdk kita lubangi dgn gunting atau las krn nanti hasilnya tdk rata/malah meleleh (krn biasanya bahan dr seng tipis). Pipa PVC ini ukurannya bisa kita pakai 2.5-3 DIM sesuai ukuran lensa yg mau kita pakai utk foto MACRO. Disini saya pakai kl tdk salah 2.5 DIM krn sesuai dgn lensa MACRO yg saya pakai yaitu MINOLTA 50mm f/2.8 MACRO 1:1.

Lalu kita potong pipa PVC dgn panjang yg kita sesuaikan dgn panjang lensa MACRO yg kita pakai. Jgn terlalu panjang atopun terlalu pendek. Plg bagus adalah panjangnya pas dgn ukuran panjang lensa MACRO dgn setting moncong lensa MACRO saat focusnya di 1:1. Haluskan bag pipa yg kita potong td dgn kertas amplas halus agar rata & halus. Buat cekungan ½ lingkarang di pipa bag belakang atas memakai cutter agar tdk mengenai tonjolan dari flash internal kamera kita.

Bungkus bag depan pipa dgn Aluminium Foil sepanjang pipa yg berada di dlm lampu tsb lalu di lem (bag aluminium foil yg buram yg diberi lem, jgn bag yg mengkilat) dgn Lem CASTOL (sebisanya merata diseluruh aluminium foil agar semuanya menempel di pipa PVC). Disini keuntungan kita pk rumah lampu adalah bag dlmnya sdh terdapat reflector shg cahara dr flash bisa terpantulkan merata (shg bag dlm rmh lampu tdk perlu dibungkus Aluminium Foil lg). Masukkan Pipa tersebut ke lobang yg sdh kita buat td, buat agar bag dpn pipa pas/rata dgn bag depan rumah lampu.
Pasang lg kaca buram yg berada didpn rumah lampu tadi. Disini saya tambahkan kertas buram lg agar lebih menahan & membiaskan cahaya flash yg keluar.

Buatlah / modifikasikan rangka-rangka dari rumah lampu dmn disini saya fungsikan utk menjadi tempat fixasi flash dan mjd pegangan tangan yg dibautkan dibawah kamera (baut utk tempat Tripod).
Masukkan ujung Flash sedalam 1cm ke dlm lubang persegi panjang disamping rumah lampu dan kita posisikan angle flash 75°-90° dan kita tempatkan flash mjd dibwh rumah lampu. Jika lubang persegi tersebut msh terlalu besar drpd ukuran flash bisa kita modifikasi dgn menambahkan karton/kertas map yg tebal yg kita buat lubang sesuai besar ukuran ujung flash trs kita lengketkan dgn LakBan ke pinggir lubang persegi rumah lampu tsb. Lalu fixasikan kaki flash ke rangka yg telah kita modifikasi.

Pasang HotShoe flash pada kamera kita trs colokkan kabel sync dari HotShoe flash ke Flash ext yg td.
Spoiler for pic:
Quote:


Spoiler for HASIL:
Quote:



Selesai sdh RING LIGHT MACRO made in kita sendiri……

Semoga Bermanfaat buat penghobi MACROMANIA………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar